Anak Muda Harus Kenal Pajak

Apa itu pajak?

Sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku yaitu Undang-Undang Republic Indonesia Nomor 16 tahun 2009, pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, pembayar pajak tidak akan mendapatkan imbalan dari pajak yang mereka bayar, namun dana yang didapatkan oleh negara dari pemabayaran pajak akan digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Secara sederhana, pajak merupakan kewajiban kita sebagai warga negar yang telah memiliki penghasilan. Pajak ini nantinya akan dikelola oleh negara dan akan digunakan untuk pembangunan negara.

Orang yang harus membayar pajak disebut dengan wajib pajak. Wajib Pajak adalah orang pribadi atau badan yang harus membayar pajak, memotong pajak, dan melakukan pemungutan pajak.Wajib Pajak juga memiliki hak dan kewajiban, dengan catatan kegiatan ini diatur oleh undang-undang yang berlaku.

Bagi wajib pajak, mereka akan memiliki  NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). NPWP merupakan nomor didapatkan oleh Wajib Pajak sebagai syarat untuk melaksanakan administrasi perpajakan . NPWP juga digunakan sebagai bentuk identitas dari Wajib Pajak dalam melakukan pembayaran pajak.

Menjadi paham mengenai pajak merupakan tugas kita bersama. Karena Pajak merupakan kewajiban dan hal ini harus ditunaikan oleh Wajib Pajak. Anak muda kaum milennial harus mengenal apa saja manfaat, tatacara dan alasan kita untuk membayar pajak.

Kenapa Harus Bayar Pajak?

Sebagai kaum milennial, kita perlu membayar pajak sesuai tenggat waktu yang diberikan. Dengan banyaknya pemasukan yang dimiliki oleh banyak masyarakat di Indonesia, maka Negara akan mendapatkan pemasukan. Dimana pemasukan ini, nantinya akan dijadikan oleh negara sebagai dana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kesejahteraan masyarakat dapat diwujudkan dengan beberapa hal.  Dapat dengan cara memberikan subsidi kepada sektor pendidikan. Dengan pajak yang kita bayar, maka akan banyak anak sekolah yang mendapatkan bantuan pendidikan. Bantuan pendidikan ini berjalan dengan nama dana BOS.

BOS  merupakan singkatan dari Bantuan Operasional Sekolah. Dana BOS ini merupaka salah satu sumber pendanaan dari Sekolah Negeri yang ada diseluruh penjuru Indonesia. Dana ini akan digunakan oleh sekolah untuk membangun sekolah, membayar gaji guru honor, membeli peralatan kelas serta membeli buku pelajaran tambahan.

Jadi dapat dibayangkan, dari pajak yang kita bayar dengan rutin akan membuat perubahan yang signifikan terhadap generasi mendatang.

Dana dari pajak juga digunakan untuk memberikan subsidi kepada masyarakat. Contohnya subsidi dalam bidang pertanian. Dengan adanya subsidi pada bagian pertanian, akan banyak petani yang akan terbantu dalam melakukan upaya dalam bertani.

Pembangunan masyarakat yang di danai oleh pajak selain untuk biaya pendidikan adalah untuk melakukan pembangunan di negara kita. Contohnya pembangunan jembatan antar kota ataupun antar pulau yang menggunakan dana dari negara. Sehingga pendapatan negara dari pajak ini akan meningkatkan kemaslahatan umat.

Disisi lain pembayaran pajak dapat disebut sebagai bukti terimakasih kita karena diberikan kesempatan oleh negara untuk tinggal di negara kita secara gratis dan berdaulat. Dengan berlapang hati untuk membayar pajak, maka kita akan dapat memberikan kontribusi nyata kepada negara kita.

Sebagaimana yang kita ketahui, sebagian besar penghasilan negara kita berasal dari pajak, sehingga apabila ada dari kaum millenial yang tidak taat pajak atau mencoba untuk mencari celah untuk tidak membayar pajak, maka akan membuat negara menjadi tidak stabil keuangannya. Efek dari tindakan ini juga bisa berbuntut panjang, seperti berkurangnya bantuan kepada sekolah untuk melaksanakan proses belajar mengajar.

Keuntungan Membayar Pajak

  1. Bagi pembayar pajak

Bagi masyarakat yang berkewajiban membayar pajak,maka dengan membayar pajak mereka telah membayar hutang mereka kepada negara. Sebagai mana yang kita ketahui setiap uang yang kita peroleh dari berusaha maka akan ada dalam uang kita ini jatah orang lain yang harus diberikan.

  • Bagi negara

Negara mendapatkan banyak manfaat dari penerimaan pajak. Pajak yang diterima oleh negara dikelola oleh Kementrian Keuangan. Selanjutnya pendapatan dari pajak ini akan di distribusikan oleh Kementrian Keuangan sesuai dengan Rencana Negara yang telah ditetapkan di awal tahun. Manfaat pajak bagi negara antara lain: sebagai pemasukan bagi negara, membantu memberikan subsidi kesehatan untuk masyarakat serta membantu untuk meningkatkan sarana dan prasarana negara.

Waktu Yang Tepat Untuk Membayar Pajak

Pajak penghasilan jumlahnya sesuai dengan persentase dari gaji yang didapat oleh tiap orang. Pajak penghasilan harus dibayar oleh Wajib Pajak paling lambat tanggal 10 bulan berikutnya setelah masa pajak berakhir.

Biasanya , karyawan perusahaan akan dibantu oleh bagian HRD perusahaan atau bagian umum untuk perhitungan dan pembayaran pajak penghasilan. Sehingga pekerja tidak akan merasa kesulitan dan terlupa untuk membayar pajak penghasilannya. Perhitungan masing-masing pajak seseorang akan berbeda, tergantung dari pendapatan dan jumlah tanggungannya.

Cara Membayar Pajak Penghasilan

Dengan adanya kemudahan internet pada masa sekarang ini, maka pemerintah memulai untuk mempermudah Wajib Pajak untuk membayar pajanya sendiri. Hal yang perlu dipersiapkan untuk membayar pajak adalah dengan menggunakan e-Biiling. Pembayaran pajak secara elektronik ini akan membuat para Wajib pajak dapat menggunakan aplikasi saja , jadi tidak perlu antri ke kantor pajak.

Saat ini, kantor pajak menerapkan sistem ini semenjak 1 januari 2016. Dengan memiliki e-Biiling, maka selanjutnya Wajib Pajak akan melakukan pembayaran. Pembayaran ini dapat digunakan dengan beberapa  metode. Berikut adalah cara-cara untuk membayar pajak:

  1. Membayar melalui ATM

Kita dapat membayar melalui ATM dengan memilih menu yang ada di ATM kita. Pembayaran berjumlah sesuai dengan yang ada di e-Biiling. ATM yang dapat digunakan adalah Bank BNI dan Bank Mandiri serta Agen BRILink, Mandiri, dan BNI 46

  • Melalui Teler Bank

Untuk membayar melalui Teler Bank, harap dipastikan bahwa BANK yang anda pilih bekerjasama dengan Kantor Pelayanan Pajak.

  • Membayar di Kantor Pos

Kantor pos telah menjadi pilihan untuk pembayaran berbagai kebutuhan kita. Mulai dari tagihan listrik sampai dengan pembayaran pajak. Apabila Anda lebih mudah mengakses kantor pos, maka ini adalah pilihan yang tepat.

  • Menggunakan Internet Banking

Cara yang paling banyak dipilih oleh masayrakat zaman milennial saat ini adalah dengan internet banking. Karena kita dengan mudah dapat membayar tagihan e-billing. Sehingga kita tidak akan mengalami kesulitan. Karena pembayaran ini hanya menggunakan sambungan internet dari smartphonekita.

Dengan mudahnya informasi yang kita dapat dimasa sekarang ini. Maka kita dapat mencari informasi tambahan untuk mengetahui seluk-beluk dunia perpajakan dengan mencarinya lewat internet. Apabila Anda adalah kaum millenial yang memiliki waktu luang yang sedikit, maka kita dapat menggunakan jasa konsultan pajak. Konsultan pajak yang kredibel dan dapat dipercaya adalah pajakceria.com. Salah satu konsultan pajak di daerah tangerang yang memiliki banyak customer dari berbagai kalangan. 

Tentang Kami

PajakCeria merupakan platform digital yan menyediakan jasa administrasi untuk badan usaha , akunting , Pajak, dan Perizinan secara Profesional

Hubungi Kami

  • Head Office : +62-811-1737-780
  • Office Magelang : +62-813-15769-216
  • admin@pajakceria.com

 Kantor Pusat : Jl. Siliwangi No.47C, Pd. Benda, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten – 15416

 Kantor Cabang Bandung : Jl. Pandu I No.53, Payomanan, Kec. Cicendo, Bandung, JABAR – 40173

 Kantor Cabang Bekasi : Jl. Bintara Jaya No 16, RT.006/RW.09, Bintara Jaya, Kec. Bekasi Barat., Kota Bekasi, JABAR – 17136

Kantor Cabang Magelang :Jln Blabak – Boyolali KM. 9,  Banyutemumpang, Krogowanan, Sawangan, Magelang , Jawa Tengah  – 56481

PajakCeria